Kamis, 22 Maret 2012

Charles Spearman : TheTwo-Factor Theory of Intelligence

Kelompok 5

Charles Edward Spearman (10 September 1863 – 17 September 1945) adalah seorang psikolog Inggris yang pernah berkarir sebagai pasukan angkatan darat Inggris selama 15 tahun. Beliau mengundurkan diri dari pasukan angkatan darat dan melanjutkan studinya dalam psikologi eksperimental di Leipzig. Setelah terhambat oleh panggilan bertugas kembali oleh pasukan angkatan darat untuk perang di Afrika Selatan, akhirnya ia mendapat gelar Ph.D pada tahun 1906 dengan menerbitkan penelitian mengenai analisis factor kecerdasan pada tahun 1904. 
The Two-Factors Theory yang dikembangkan oleh Charles Spearman mendasarkan teorinya pada analisis factor yang memengaruhi inteligensi. Menurut Spearman, inteligensi adalah kemampuan untuk berpikir dan menimbang.
Dasar teori ini berangkat dari analisis korelasional yang dilakukan terhadap seperangkat tes inteligensi yang mempunyai tujuan dan fungsi akhir berbeda. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif di antara berbagai tes tersebut. Menurut Spearman, korelasi positif tersebut didapat karena masing-masing tes tersebut memang mengukur suatu factor umum yang sama atau general factors = Faktor ‘g’. Sedangkan factor yang spesifik dan hanya dapat diungkap oleh tes tertentu disebut special factors = Faktor ‘s’.
·         Faktor ‘g’ dimiliki oleh semua individu, berupa kemampuan umum atau kemampuan yang mendasari perilaku individu dan biasanya bersifat herediter, seperti kemampuan untuk menyelesaikan masalah, dll
·         Faktor ‘s’ dimiliki individu sebagai keahlian khusus di bidang tertentu dan biasanya diperoleh melalui proses belajar, misalnya keahlian bermain alat musik yang dipelajari dan membutuhkan latihan
Definisi inteligensi menurut Spearman mengandung dua makna kualitatif, yaitu :
·         Education of Relation, yaitu kemampuan untuk menemukan suatu hubungan dasar yang berlaku di antara dua hal. Misal, menemukan hubungan dasar yang terdapat di dalam dua kata ‘panjang – pendek’
·         Education of Correlation, kemampuan untuk menerapkan hubungan dasar yang telah ditemukan dalam proses sebelumnya ke situasi baru. Proses ini merupakan proses penalaran yang menggunakan analogi
 
DAFTAR PUSTAKA
Azwar, Saifuddin. 2002. Pengantar Psikologi Inteligensi Edisi I Cetakan III. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suardi, Dewa Ketut. 2003. Analisis Tes Psikologi. Jakarta : Rhineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar